Seperti
yang tea kita ketahui bahwa Facebook merupakan media sosial terbesar di
dunia yang dibangun oleh Mark Zuckerberg dan juga sebagai SEO di
Facebook. Hingga saat ini facebook menempati peringkatke-2 situs terbaik
setelah Google. Laluu yang jadi pertanyaan, darimana sumber pendapatan
dan keuntungan facebook yaa??? Mari kita bahas disini..
Sumber Penghasilan dan Pendapatan Facebook
1. Iklan
Untuk memasang iklan di blog besar saja memiliki harga yang sangat mahal, apalagi memasang iklan di Facebook sebagai top situs nomor 2 terbesar di dunia.Tarif iklan di Facebook dihitung berdasar durasi iklan dan lama tayang atau kontrak iklan. Iklan merupakan pendapatan terbesar dari Facebook dan ada berbagai jenis iklan yang ada di Facebook, namun umunya ada pembagian beberapa kategori berikut :
- Iklan Dekstop, atau iklan yang tampil di Facebook versi PC di semua platform OS.
- Iklan Mobile, atau iklan yang tampil di aplikasi Facebook Mobile bagi pengguna smartphone pada umunya. Sumber dari TechCrunch menyatakan bahwa pengguna mobile menyumbang 23% omset keseluruhan di tahun 2012.
- Iklan PPC, merupakan iklan yang muncul di laman Facebook dan apabila di klik maka akan menuju laman dari si pengiklan tersebut. Misal ada iklan smartphone terbaru kemudian saat di klik akan masuk ke halaman lazada.
2. Aplikasi dan Permainan
Banyak sekali pengembang aplikasi di internet mendaftarkan dan memasukan aplikasi atau permainan mereka ke Facebook. Ini merupakan sumber pendapatan Facebook yang kedua baik dari penyewaan aplikasi atau pembelian aplikasi.
Kini Facebook memiliki sekitar 1700 karyawan yang terbagi di beberapa kantor di 12 negara di dunia dan memiliki beberapa saham perusahaan ternama.
Kesusksesan Facebook memang sangat luar biasa, bahkan Facebook masuk ke daftar 8 Besar Perusahaan Teknologi Berprofit Terbesar di Dunia dimana di tahun 2014 mendapatkan kenaikan keuntungan sebesar 146% dari tahu sebelumnya. Bahkan besarnya Pendapatan Facebook menjadikan Mark Zuckerberg menjadi pemuda paling kaya di dunia.
Beriklan di Facebook kini menjadi favorit para pengusaha yang ingin mempromosikan bisnis mereka. Disamping itu juga harga yang di tawarkan relatif lebih murah, mulai dengen budget harian 10.000 anda sudah dapat beriklan di Facebook.
Dilihat dari penggunanya, kini pengakses Facebook sudah mencapai hampir 1,28 miliar orang di dunia, atau meningkat 15% dari tahun lalu. Dan sekitar 63% dari total pengguna -- atau sejumlah 802 juta -- selalu mengakses jejaring sosial tersebut setiap hari.
Dengan jumlah pengguna yang terus melesat, maka pendapatan Facebook ikut terdongkrak. Di kuartal pertama 2014 ini jejaring sosial itu mengklaim telah memiliki pendapatan USD 2,50 miliar atau setara dengan Rp 29 triliun.
Pendapatan tersebut meningkat 72% dari tahun sebelumnya di kuartal yang sama dengan pertumbuhan pemasukan iklan meningkat sampai dengan 82%.
0 komentar:
Posting Komentar