Satu
dari banyak strategi periklanan (promosi) yang digunakan saat ini adlah
iklan online (online advertising) melalui internet. Dibandingkan dengan
bentuk iklan lain seperti penggunaan reklame besar serta iklan TV,
iklan online dan internet marketing
atau advertising ini dianggap sebagai salah satu yang paling terjangkau
namun merupakan bentuk iklan yang sukses. Hal ini karena harga yang
relatif lebih murah dan jauh lebih mudah untuk dicapai(menuju sasaran),
dibandingkan dengan mendirikan sebuah billboard atau iklan TV, Jadi apa
sebenarnya online advertising atau internet advertising itu ?
Definisi Online Advertising?
Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet
dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi)
untuk menarik pelanggan. Meskipun kata itu sendiri menggambarkan hanya
satu agenda, iklan online biasanya dibagi menjadi beberapa bagian atau
teknik. Menurut para professionasl Internet Advertising, iklan online
meliputi beberapa teknik seperti iklan kontekstual pada halaman hasil
mesin pencari(search engine), iklan banner (banner ads), Rich Media Ads
(periklanan dengan melibatkan media interactiv digital seperti audio dan
video streaming), iklan jaringan sosial (social network advertising),
iklan online berdasarkan klasifikasi (online classified advertising),
jaringan periklanan (advertising networks) dan e-mail marketing, serta
bahkan e - mail spam.
Keunggulan dibandingkan dengan metode konvensional
Karena munculnya teknologi online yang menjadi booming saat ini,
perusahaan di seluruh dunia telah sangat mengambil manfaat dari hal ini
untuk menyampaikan pesan-pesan mereka secara serentak di seluruh dunia.
Melalui penggunaan ini, beberapa profesional kemudian membuat beberapa
laporan dari keuntungan ini dibandingkan dengan metode konvensional
seperti membuat billboard dan iklan TV.
Menurut konsultan Internet Advertising, keuntungan menggunakan iklan online meliputi:
Segera menerbitkan informasi dan konten. Salah satu dari banyak
perjuangan mendirikan sebuah iklan adalah waktu bahwa
perusahaan-perusahaan harus menunggu sebelum benar-benar membuat iklan
mereka di publikasikan. Online advertising, bagaimanapun, membuat ini
lebih mudah dan lebih cepat, serta tidak membatasi cakupan geografis dan
waktu. Untuk itu, iklan interaktif yang muncul menghadirkan
tantangan-tantangan segar bagi pengiklan, yang hingga kini masih
mengadopsi strategi interruptive (contoh iklan TV).
Efisiensi investasi pengiklan. Online advertising memungkinkan untuk
penyesuaian iklan, termasuk konten dan diposting website. Sebagai
contoh, AdWords dan AdSense memungkinkan iklan yang ditampilkan di
halaman Web yang relevan atau berada disamping hasil pencarian dengan
kata kunci yang telah dipilih dulu.
Metode Pembayaran. Apa pun variasi pembelian yang dipilih, pembayaran
biasanya relatif dengan respon audiens, apa lagi dengan banyaknya
payment processor online yang ada saat ini banyak tersedia seprti
paypal, alertpay, Neteler dan ain sebagainya.
Metode tidak etis iklan online
Selain metode etis periklanan online, seperti penggunaan aplikasi yang
ramah pengguna, terdapat juga metode kelas iklan yang dianggap tidak
etis dan bahkan mungkin dianggap ilegal. Ini termasuk aplikasi eksternal
yang mengubah pengaturan sistem (seperti browser's home page), pop-up,
dan memasukkan iklan ke dalam halaman web non-afiliasia, aplikasi seperti
itu biasanya dicap sebagai spyware atau adware.
0 komentar:
Posting Komentar