Online
advertising adalah iklan yang dipromosikan melalui jaringan internet,
sedangkan toko online adalah arena tempat berbelanja jual beli yang
didlemnya berisi iklan yang menawarkan produk dan jasa. Situs website
salah satu tempat yang dijadikan sebagai toko online.
Berikut ini ada 12 jenis iklan online:
1. Direct Advertising
Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan
menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi
lainnya.
2. Self-Service Advertising
Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan
serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses
yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords
3. Ad Networks
Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara
pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini
biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target
audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat
iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal
Fusion.
4. Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara
random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan
content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan
Yahoo Publisher Network.
5. Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan
berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang
membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie
dan Twittad
6. In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata
tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh:
Kontera dan Vibrant in-Text Ad
7. Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar
terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua
pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik
visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild
8. Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan
memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan
brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media
dan Tribal Fusion
9. Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan
ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group,
word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke
teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo
10. Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format
tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah,
ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan
AdSense for Video.
11. RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan
konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada
kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising
12. Sponsorship
0 komentar:
Posting Komentar