Metode
pemasaran produk melalui iklan adalah salah satu metode promosi dan
pemasaran yang jitu untuk mengembangkan pasar dan menggaet pelanggan.
Metode konvensional seperti memasang iklan di jalan-jalan dengan banner
atau spanduk dian ditinggalkan. Era digitalisasi telah merubah sedikit
demi sedikit metode konvensional ke arah digital. Begitu juga dengan
periklanan atau metode promosi produk melalui iklan.
Terdapat situs yang menyediakan layana pasang iklan baik yang premium alias berbayar ada juga yang gratis bray. Perusahaan raksasa internet Google Inc punya Google Adsense. Facebook juga gag kalah bray dia punya Facebook Ads. Di Indonesia selain detik.com ada situs forum komunitas terbesar di Indonesia, Kaskus yang menghadirkan layanan serupa yang bernama KasAd. Ini merupakan fasilitas pemasangan iklan di forum Kaskus yang ditujukan bagi segmen small-medium business atau usaha kecil menengah (UKM).
Terdapat situs yang menyediakan layana pasang iklan baik yang premium alias berbayar ada juga yang gratis bray. Perusahaan raksasa internet Google Inc punya Google Adsense. Facebook juga gag kalah bray dia punya Facebook Ads. Di Indonesia selain detik.com ada situs forum komunitas terbesar di Indonesia, Kaskus yang menghadirkan layanan serupa yang bernama KasAd. Ini merupakan fasilitas pemasangan iklan di forum Kaskus yang ditujukan bagi segmen small-medium business atau usaha kecil menengah (UKM).
![](https://4.bp.blogspot.com/-0DNDIb7PKBo/VwnVUk5p3jI/AAAAAAAABXQ/zNKC2drOYxMAICMEPktc3S87fr2x2iSlA/s400/kaskus2.jpg)
"Inisiatif
ini muncul setelah kami menerima banyak e-mail dari kaskuser (anggota
forum Kaskus). Banyak dari mereka yang ingin menjual produk, tetapi
melalui iklan di Kaskus," kata Andrew Darwis, pendiri sekaligus Chief
Technology Officer Kaskus Networks.
Selama ini slot iklan yang tersedia di Kaskus hanya tersedia untuk segmen korporasi hingga enterprise. Tingkat harga yang relatif mahal membuat slot iklan di forum Kaskus tidak terjangkau segmen UKM. Sejak itu, Andrew dan kawan-kawannya mulai menciptakan slot baru yang dinamai KasAd berupa banner sederhana di thread-thread tertentu.
Selama ini slot iklan yang tersedia di Kaskus hanya tersedia untuk segmen korporasi hingga enterprise. Tingkat harga yang relatif mahal membuat slot iklan di forum Kaskus tidak terjangkau segmen UKM. Sejak itu, Andrew dan kawan-kawannya mulai menciptakan slot baru yang dinamai KasAd berupa banner sederhana di thread-thread tertentu.
![](https://1.bp.blogspot.com/-KvNHZG3rEtw/VwnVb9AeMOI/AAAAAAAABXU/D-sxS_FRXNw2Cv78jDVyQxQ06Lj8cWr0g/s320/Jakarta_LayananKomputerdanPerantiLunak_AndrewDarwis_aktifitas.jpg)
"Bentuknya nanti semacam Facebook Ad. Iklan produknya akan muncul di halaman thread yang relevan," ujar Andrew.
"Misalnya, seorang pengiklan ingin menjual Notebook HP. Maka, banner iklannya akan muncul di thread-thread Forum Jual Beli yang menjual Laptop. Sistem komputer kami yang akan memindai dan menempatkan iklan tersebut di thread yang sesuai," jelas pria yang akrab disapa 'mimin' di dalam forum online Kaskus.
Untuk memasang iklan kamu harus registrasi agar mempunyai akun KasPay. Setelah terdaftar, lakukan top up pada saldo akun Kaspay Anda. Top up bisa dilakukan 24 jam, tidak harus di waktu jam kerja. Minimal saldo untuk ditop up adalah Rp10.000.
Jika Kaspay Balance sudah terisi, Anda sudah dapat beriklan di Kaskus. Kunjungi situs KasAd, login, maka Anda akan dipersilakan untuk membuat iklan sesuai selera Anda dengan meng-klik "Create New Ad". Andrew menjelaskan, di KasAd, terdapat dua pilihan cara beriklan, yaitu Pay For Clicks (cost per click-CPC) dan Pay for Impressions (cost per mill-CPM). Untuk CPM, Kaskus mengenakan biaya Rp0,5 per iklan tampil (impression). Sedangkan untuk CPC, biayanya jauh lebih mahal, Rp3.000 per klik.
"Opsi CPC memang lebih menarik daripada CPM. Di CPC, banner iklan baru akan dicopot setelah jumlah kliknya mencapai limit budget iklan," cetus Andrew.
Misalnya, budget iklan seorang Kaskuser Rp30.000 untuk CPC. Maka, iklan tersebut akan dicopot jika sudah mencapai 10 kali klik (Rp3.000 x 10 klik). Tetapi, sebelum mencapai 10 klik, walaupun impression-nya sejuta kali, iklan tersebut akan tetap terpampang.
Semuanya tergantung kebutuhan Kaskuser. Ingin produknya cepat terjual bisa pilih CPM. Kalau ingin memperkuat branding mungkin lebih cocok CPC. Intinya, KasAd muncul untuk memudahkan seluruh Kaskuser yang mau beriklan tetapi minim budget," sambung Ken Dean Lawadinata, CEO Kaskus Networks.
Jadi untuk UKM dan kamu yang pengen iklan kamu terpampang di kaskus maka silakan registrasi agar memepunyai akun KasPay. kemudian Sok Mangga pasang iklannya. :)
"Misalnya, seorang pengiklan ingin menjual Notebook HP. Maka, banner iklannya akan muncul di thread-thread Forum Jual Beli yang menjual Laptop. Sistem komputer kami yang akan memindai dan menempatkan iklan tersebut di thread yang sesuai," jelas pria yang akrab disapa 'mimin' di dalam forum online Kaskus.
Untuk memasang iklan kamu harus registrasi agar mempunyai akun KasPay. Setelah terdaftar, lakukan top up pada saldo akun Kaspay Anda. Top up bisa dilakukan 24 jam, tidak harus di waktu jam kerja. Minimal saldo untuk ditop up adalah Rp10.000.
Jika Kaspay Balance sudah terisi, Anda sudah dapat beriklan di Kaskus. Kunjungi situs KasAd, login, maka Anda akan dipersilakan untuk membuat iklan sesuai selera Anda dengan meng-klik "Create New Ad". Andrew menjelaskan, di KasAd, terdapat dua pilihan cara beriklan, yaitu Pay For Clicks (cost per click-CPC) dan Pay for Impressions (cost per mill-CPM). Untuk CPM, Kaskus mengenakan biaya Rp0,5 per iklan tampil (impression). Sedangkan untuk CPC, biayanya jauh lebih mahal, Rp3.000 per klik.
"Opsi CPC memang lebih menarik daripada CPM. Di CPC, banner iklan baru akan dicopot setelah jumlah kliknya mencapai limit budget iklan," cetus Andrew.
Misalnya, budget iklan seorang Kaskuser Rp30.000 untuk CPC. Maka, iklan tersebut akan dicopot jika sudah mencapai 10 kali klik (Rp3.000 x 10 klik). Tetapi, sebelum mencapai 10 klik, walaupun impression-nya sejuta kali, iklan tersebut akan tetap terpampang.
Semuanya tergantung kebutuhan Kaskuser. Ingin produknya cepat terjual bisa pilih CPM. Kalau ingin memperkuat branding mungkin lebih cocok CPC. Intinya, KasAd muncul untuk memudahkan seluruh Kaskuser yang mau beriklan tetapi minim budget," sambung Ken Dean Lawadinata, CEO Kaskus Networks.
Jadi untuk UKM dan kamu yang pengen iklan kamu terpampang di kaskus maka silakan registrasi agar memepunyai akun KasPay. kemudian Sok Mangga pasang iklannya. :)
0 komentar:
Posting Komentar