Seminggu kedepan admin akan bahas tentang Model Bisnis Sosial Media. So lets check it out..
Pertama, Apa itu sosial media min??
Pengertian sosial media secara sederhana adalah media (yang terhubung
dengan internet) tempat kita bisa bersosialisai. Yang pada akhirnya
fungsi media sosial ini menjadi banyak termasuk berjualan, berpromosi,
memberi informasi dan lain sebagainya termasuk brand awareness. Nah
ada kata berjualan, dan berpromosi. Nanti kaitannya media sosial dengan
berjualan dan berpromosi akan admin bahas di postingan berikutnya.
Apa aja Karakteristik sosial media min?
Gamble,
Teri, dan Michael dalam Communication Works sebagaimana dikutip
Wikipedia menyebutkan, media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai
berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Secara garis besar sosial media dibagi menjadi 5 jenis utama :
1. Jejaring Sosial (Social Networking)
Adalah
sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan
teman, keluarga maupun kenalan melalui pesan teks.Disamping itu, kita
juga dapat membagikan info pribadi (walau tetap harus memilah mana yang
patut dibagi mana yang tidak).
Percakapan
online melalui jejaring sosial ini meliputi percakapan pribadi orang
per orang maupun percakapan grup atau komunitas. Lalu yang paling
penting adalah kita
dapat menjalin relasi dengan rekan bisnis atau pelanggan demi
memperlancar pekerjaan profesional.
Social networking terpopuler adalah : Facebook, Twitter, LinkedIn, dll
2. Penanda Sosial (Social Bookmark)
Adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan pengguna internet
untuk berbagi link karya dan mempromosikannya ke jaringan yang lebih
luas. Kebanyakan pengguna menggunakan situs social bookmark ini untuk
meningkatkan lalu lintas (Traffic) blog atau website bisnis mereka.
Situs social bookmarking terpopuler adalah : Reddit, Dig, Lintas.me, dll
3. Berbagi Karya (Multimedia Sharing)
Adalah sebuah platform yang
memudahkan pengguna Internet untuk berbagi hasil karya audio/ visual/
audio visual, (atau lebih sering di sebut file multimedia) kepada
khalayak ramai.
Tujuan dibaginya file ini pun berbagai macam. Ada
yang mengarah ke kepentingan bisnis (berpromosi untuk diperjual
belikan), Ada juga yang bersifat pribadi yaitu hanya ingin berbagi
dengan teman-teman di sosmed.
Situs multimedia sharing terpopuler adalah : Instagram, Youtube, Google Drive, dll
4. Blogging, Micro-blogging & Forum
Ini merupakan sebuah platform
Internet yang memungkinkan pengguna untuk berbagi isi pikiran,
informasi, berita dan bisnis online secara sekaligus dalam satu halama.
Pemilik akun dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya dan berdiskusi secara langsung di halaman posting.
Contohnya adalah : Blogger, Wordpress, Twitter, dll
5. Kolaborasi (Wiki)
Bila situs sosial lainnya lebih
sering di gunakan dan dikembangkan secara personal atau pribadi, kalau
yang ini lebih asyik, karena kita bisa menerbitkan info secara
bersama-sama.
Maksudnya, pengguna internet lainnya
atau teman-teman kita dapat bergabung untuk memperbaiki atau
menambahkan info tentang suatu topik dan pastinya bisa sekalian
mempromosikan website atau bisnis kita dengan cara menyertakan link
sumber di halaman tersebut.
Intinya; Wiki merupakan halaman internet yang berisi informasi tertentu dan dapat dengan bebas diedit oleh pengguna lain.
Situs-situs wiki ini tidak hanya
bisa dimasukkan ke jenis media sosial, tetapi juga dapat dikategorikan
sebagai salah satu jenis website secara umum.
0 komentar:
Posting Komentar