Banyak sekali benefit bisnis yang
didapat oleh seorang pebisnis yang menggunakan Pinterest. Berdasarkan
data yang diperoleh dari badan intelijen Vision Critical pada Juni 2013,
4 dari 10 orang akan membeli suatu produk secara online setelah
memberikan tag favorit atau melakukan sharing informasi di Pinterest
Twitter atau Facebook. Hampir separuh (47%) dari pengguna Pinterest
mengatakan bahwa mereka membeli suatu produk secara online karena merasa
tertarik dengan posting yang muncul, dan bukan karena mereka
memfokuskan pencarian pada suatu produk.
Jelas sudah bahwa Pinterest memiliki
daya tarik yang besar untuk menarik perhatian calon pelanggan di masa
kini. Dan berikut ini adalah 5 tips anti mainstream untuk menarik
perhatian para followers dan para pinners di Pinterest :
Pinboards yang unik atau buzz words yang
aneh biasanya akan lebih menarik perhatian para pengguna Pinterest bila
dibandingkan dengan pinboards yang terkesan biasa saja. Misalnya, suatu
bisnis yang bergerak di bidang kuliner biasanya membuat pinboards
mengenai bakery, cupcake atau wedding cake. Hal ini tentu sudah biasa
dan terkesan mainstream.
Carilah pinboards lain yang lebih seru
dan dapat menarik perhatian para pengguna Pinterest, misalnya mengenai
resep pastry tertua di dunia, asal mula kue donat, cara mengemas kue
dengan praktis dan cantik serta hal-hal seru lainnya. Niscaya followers
Pinterest anda akan bertambah jumlahnya karena akun anda dianggap
menarik dan sangat informatif.
Untuk menarik target pelanggan dari luar
Amerika Serikat atau Inggris, gunakanlah bahasa-bahasa lain seperti
bahasa Perancis, bahasa Spanyol atau Bahasa Jerman. Kutipan-kutipan
inspiratif berupa slogan atau tagline dengan beragam bahasa biasanya
akan membuat pengguna Pinterest lainnya merasa bahwa anda sangat
friendly. Jangan lupa mengecek ejaan dan tata bahasa sebelum melakukan
pinning. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan.
Mayoritas orang-orang senang
membicarakan beragam hal yang menyangkut dirinya sendiri. Libatkan para
followers anda untuk melakukan pin gambar sesuai dengan bidang bisnis
yang anda kembangkan. Misalnya, bila anda berbisnis di bidang peralatan
kantor, anda dapat mengajak followers anda untuk mem-posting foto-foto
ruang kerja mereka.
Hal ini akan membuat followers memiliki
kedekatan yang akrab dan interaktif dengan anda. Jangan lupa pula untuk
membuat cross posting di seluruh media sosial yang anda gunakan agar
dapat menarik lebih banyak perhatian dari para pengguna social media.
Gunakanlah storyboard untuk menyajikan
cerita singkat bagi para followers Pinterest anda. Bagikan serangkaian
pin yang menunjukkan betapa berartinya produk bisnis anda bagi para
pelanggan.
Salah satu kisah inspiratif yakni UNICEF
yang tergerak oleh 1.600 followers yang menciptakan pinboard untuk
seorang gadis muda kurang mampu yang tinggal di Sierra Lone.
Para followers kreatif tersebut
menciptakan pinboards dengan sudut pandang kreatif, seperti gambar
sepatu yang sedang kemasukan air. Pinboards yang mengharukan tersebut
berhasil mendapat simpati dari beberapa followers yang kemudian
mendonasikan sejumlah dana untuk membantu gadis tersebut.
Beragam hal sederhana mengenai bisnis
anda dapat dikemas secara menarik untuk kemudian dibagikan pada
followers Pinterest Anda. Ceritakanlah bagaimana kekompakan tim anda
saat harus bergadang demi peluncuran produk baru di keesokan hari.
Sertakan beberapa pin gambar yang dapat melukiskan kekompakan tim
tersebut. Hal sederhana seperti ini tak jarang menarik perhatian banyak
pengguna Pinterest untuk mencari tahu lebih dalam lagi mengenai esensi
dan filosofi bisnis anda.
Pinterest merupakan salah satu sarana
yang tepat untuk menceritakan kisah-kisah seru nan inspiratif sekaligus
mempromosikan bisnis anda secara modern. Hal paling krusial dalam
menggunakan Pinterest dan media sosial lainnya adalah selalu bersikap
bijak dan menggunakannya sesuai dengan aturan yang berlaku. Bagaimana
siap mengaplikasikannya?
0 komentar:
Posting Komentar