Dalam
dunia bisnis, relasi adalah hal yang mutlak sangat penting. Kenapa??
karena apabila kita mempunyai banyak relasi maka proses bisnis kita
mulai dari start hingga end akan lebih mudah karena banyak relasi yang
akan membantu.
Selain
relasi ada juga promosi. Hal ini juga mutlak perlu, karena apabila kita
mempunyai produk namun tidak diketahui masyarakat sama aja boong.
Bisnis kita pun bakalan tiidak lancar.
Nah.. media sosial merupakansalah satu media promosi yang paling efektif dan efisien. Selain tu juga murah dan banyak usernya..
Berikut admin akan membahas 10 media sosial dari luar negeri yang terpopuler..
1. Facebook
Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer saat ini dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan. Situs ini diprakarsai oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada
tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak
dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa
menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun.
Pendiri utama Facebook, Mark Zuckerberg, selalu mendapat tuntutan hukum dari Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendiri
UConnect) dengan tuduhan telah mencuri ide mereka membuat jejaring
sosial semacam Facebook. Memang dulu Mark dipekerjakan oleh mereka untuk
membuat sebuah situs jejaring sosial untu Harvard. Akan tetapi, Mark
pun membuat versi jejaring sosialnya sendiri dengan ide tambahannya
sendiri. Facebook atau dulu namanya The Facebook pun merambah secara
“eksklusif” dari universitas ke universitas di Amerika. Karena eksklusif
untuk mahasiswa elit, ketenaran Facebook pun meningkat drastis hingga
puncaknya menjadi situs jejaring sosial paling terkenal sekarang.
2. Twitter
Twitter memiliki pengunjung hingga 300 juta orang setiap bulannya.
Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs jejaring
sosial terkenal kedua di dunia. Banyak yang menggemari Twitter karena
ringkas dan sangat cepat dalam update informasi. Twitter memang berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging)
dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai
“SMS-nya internet”. Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa Twitter lebih
cepat dari gempa.
Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada
15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Setahun
setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang lewat dalam
layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda hingga 100 juta tweet di
tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah 340 juta tweet
per hari. Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo Facebook
pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa terkenalnya
situs jejaring sosial ini.
3. Instagram
Instagram adalah
sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto,
menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring
sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di
Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat
seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid.
4. Path
Path adalah
sebuah aplikasi jejaring sosial pada smartphone yang memungkinkan
penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path
ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri bagi para pengguna untuk
berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat.
Path merupakan jejaring sosial yang bersifat personal
dengan jumlah teman maksimal 150 orang. Limit tersebut dimaksudkan untuk
membantu anda berbagi pengalaman dan memori bersama orang-orang yang
benar-benar dekat dengan anda.
5. Google+
Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Meluncur pada 28 Juni 2011, kini pengguna Google+ sudah mencapai 170 juta orang.
Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout
yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video.
Sebelum peluncurannya, Google+ disebut-sebut sebagai pesaing berat
Facebook. Pada awal peluncuran, Google+ pun menerima sangat banyak
permintaan undangan. Peluncurannya sangat dinanti orang dan sangat
terkenal di kalangan techy. Akan tetapi, menurut hasil survey Mashable pada
Februari tahun ini, rata-rata waktu orang tinggal di Google+ hanya
sekitar 3 menit per bulan dibanding Facebook 7,5 jam per bulan.
Google+ merupakan usaha Google ke sekian kalinya dalam dunia jejaring
sosial. Beberapa produk jejaring sosial google sebelumnya adalah Buzz,
Wave, dan Health. Kini Google+ menjadi seperti pemersatu dari seluruh
layanan tersebar yang dimiliki Google.
6. LinkedIn
Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi profesional. Situs ini
memiliki 120 juta pengguna di dalamnya. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dkk
di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas,
kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn. Situs
ini juga cocok untuk orang yang mencari pekerja sesuai dengan kriteria
yang dimasukkan. LinkedIn akan mencari orang yang cocok sesuai dengan
keahlian yang dimasukkan dalam profilenya. Kini, LinkedIn telah menjadi
kakas utama de facto untuk jaringan profesional.
7. MySpace
Myspace bisa dibilang adalah situs yang mempopulerkan layanan
jejaring sosial. Mbahnya jejaring sosial. Jejaring sosial menjadi
terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs jejaring sosial
paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian
Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai hingga
sampai $580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya
pengunjung bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang
terkenal Tagged. Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta
orang. Myspace sekarang dihargai sekitar $12 juta.
MySpace bersifat umum sama seperti Facebook. Semua bisa mendaftar asal sudah mengaku berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003.
8. Tagged
Situs jejaring sosial Tagged sama seperti situs jejaring sosial pada
umumnya. Tagged bersifat umum sama seperti Facebook. Fiturnya standar
melihat profil orang lain, pos, main game, dll. Akan tetapi, fitur lain
yang berbeda disini adalah kita bisa berbagi tag dan memberikan hadiah
ke teman.
Tagged dibangun oleh Greg Tseng and
Johann Schleier-Smith di pertengahan 2004. Mereka rencanya ingin
membuat Yahoo untuk remaja atau MTV masa depan. Tagged mengaku memiliki
100 juta pengguna dalam databasenya. Pengguna ini juga berasal dari
situs jejaring sosial hi5 yang ia akuisisi. Akan tetapi, tagged terkenal
sebagai situs yang reseh (annoying). Situs ini mengambil
daftar email dari kontak email kita dan mengirimi mereka masing-masing
undangan untuk bergabung ke tagged. Tagged pun berdalih bahwa mereka
sudah kita “tambah” sebagai teman.
9. Orkut
Orkut merupakan jejaring sosial milik Google. Situs ini dinamai berdasarkan salah satu pegawai Google yakni Orkut Büyükkökten.
Si Orkut membangun Orkut.com sebagai proyek sampingan saat ia bekerja
di Google tahun 2004. Orkut sangat populer di Brazil dan India. Sekarang
ia dioperasikan dan dimanajemen secara penuh di Brazil. Kini ia mulai
merambah ke Estonia walaupun juga sudah mulai sepi karena banyak yang
beralih ke Facebook. Jumlah pengguna Orkut mencapai 100 juta pengguna. Di Orkut, pengguna dapat mengganti halaman profilnya dengan pilihan tema dengan beragam warna.
10. Meetup
Meetup adalah jejaring sosial yang memfasilitasi perencanaan “ketemuan”
di dunia nyata. Meetup bisa menghubungkan pengguna berdasarkan minat
seperti politik, game, musik, dll. Menurut www.ebizmba.com, situs ii memiliki 7,5 juta pengunjung unik setiap bulannya.
Itulah
10 media sosial terpopuler dari luar negeri. Silahkan netizen dapat
memanfaatkannya untuk media promosi bisnis yang anda geluti..
0 komentar:
Posting Komentar