Selasa, 12 April 2016

Fitur- fitur dan Manfaat menggunakan LinkedIn

Berbeda dengan social media lain, LinkedIn berfokus lebih ke promosi diri dan skill yang kita punyai..
Ada beberapa fitur dan manfaat dari linkedin, diantaranya :
1. Portfolio profil
Beberapa bulan yang lalu, LinkedIn meluncurkan fitur portfolio yang dapat ditambahkan bagian ringkasan, pengalaman atau pendidikan di profil pengguna. Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang berprofesi sebagai pekerja seni atau yang mereka berhubungan dengan dunia visual, seperti desainer grafis, ilustrator, sutradara, arsitek dan fotografer. Pengguna hanya perlu memasang taut ke situs/blog/video yang berisi karyanya dan LinkedIn akan otomatis mengolahnya untuk ditampilkan di profil pengguna.
2. LinkedIn Pulse
LinkedIn Pulse adalah halaman berisi berbagai berita yang ditulis oleh para pengguna LinkedIn lainnya. Dengan topik yang luas dan variatif, pengguna dapat melihat berita yang direkomendasikan LinkedIn pada bagian “Your News”, membaca post yang populer dari tokoh yang sukses di bidangnya pada bagian “Top Post” dan juga mencari topik lainnya di bagian “Discover”. Selain mendapatkan manfaat dari isi topik yang ditulis, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan para penulisnya untuk memperluas jaringan.
3. LinkedIn Education
Fitur terbaru LinkedIn ini memampukan pengguna untuk mem-follow halaman universitas seperti halnya halaman perusahaan. Dengan begitu, pengguna dapat mengidentifikasi para alumni atau berita terbaru dari universitas mereka. Para perekrut juga dapat langsung memilih calon karyawan lulusan universitas yang mereka inginkan.
4. Database Kontak
LinkedIn menawarkan kemungkinkan untuk sinkronisasi daftar kontak dengan platform lainnya, seperti Gmail. Jika pengguna mengaktifkan fitur tersebut, ia dapat melihat dengan siapa saja interaksi yang terjadi baik dari LinkedIn maupun platform lain tersebut. Informasi dari profil kontak juga ditampilkan oleh LinkedIn. Untuk menggunakan fitur ini, klik ikon berbentuk roda di sebelah kanan atas halaman “Connections” lalu pilih platform email yang ingin disinkronisasikan.
5. Tag Kontak
Pengguna dapat memberikan tag pada setiap kontak untuk memberikan kategori agar dapat memudahkan pencarian. Beberapa nama tag yang populer untuk digunakan antara lain “kolega”, “bos”, “teman kuliah” atau “teman sekolah”. Selain kategori berdasarkan jabatan, jenis tag yang juga umum digunakan adalah tag berdasarkan jenis industri, seperti “marketing”, “desain” atau “hukum”. Untuk menggunakan fitur tag, letakkan kursor di atas nama pengguna di halaman kontak lalu klik “Tag”.
Fitur LinkedIn lainnya yang sangat berguna untuk memperluas jaringan adalah “Who viewed your profile”, namun fitur ini lebih dititikberatkan pada pengguna LinkedIn Premium.
Dan juga manfaat, diantaranya :
  • Mendemonstrasikan keahlian melalui konten yang Anda posting di bagian Jawaban situs tersebut, dengan melalui pertanyaan terbuka yang diajukan oleh orang lain di situs tersebut dan menjawab pertanyaan yang ada dengan jawaban yang sesuai dengan keahlian kita.
  • Menghubungkan dengan profesional seperti Anda di Grup yang bersangkutan. Melalui grup, kita dapat berdiskusi pada topik yang sesuai dengan professi kita supaya dapat terhubung dengan para professional lainnya.
  • Membantu upaya optimasi mesin pencari Anda. Mesin pencari seperti Google menyukai inbound link. Halaman profil pribadi Anda dan halaman perusahaan dapat memberikan tautan (link) ke website Anda, ini dapatmemberikan Anda peringkat yang lebih tinggi di dunia Google.
  • Mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan professi kita. Dengan menggunakan LinkedIn, Anda bisa mendapatkan berita terbaru dikirimkan langsung ke inbox Anda dan / atau di bagian atas layar Anda setiap kali Anda log in

0 komentar:

Posting Komentar