Selasa, 12 April 2016

Sejarah dan Perkembangan Pulsk.com

Hey selamaat pagiii netizeeeenn... Jumpa lagi di hari libur yang bertepatan hari raya nyepi dan gerhana matahari ini.. Gerhana matahari, sebuah fenomena alam tanda kebesaran Allah SWT. Keren banget tadi prosesnya..
Mumpung lagi libur admin mau posting-posting lagi nih, hehe
Kali ini admin kembali akan membahas sosial media lokal, yaitu Pulsk.com.. Let's goooo


Pulsk merupakan situs web sosial untuk berbagi konten antar pengguna yang dibuat oleh orang Indonesia. Konten yang dapat dibagi antara lain adalah foto, video, dan artikel. Domain situs ini dapat diakses melalui alamat pulsk.com dan mereka menitik beratkan pada kualitas konten dan interaksi antar pengguna.
Pulsk berbentuk majalah dinding virtual yang memungkinkan setiap pengguna dapat menyematkan berbagai konten dan membagikannya kepada pengguna lain serta mendapatkan respon, salah satunya dengan pemberian "WOW". Pulsk memiliki tagline yaitu Share Something WOW
Sejarah dan Perkembangan Pulsk.com
Pulsk diluncurkan pada 16 September 2012 oleh pendirinya yang bernama Rendy Bryanzah. Startup situs ini diawali dari riset yang menemukan fakta bahwa ternyata situs-situs jejaring sosial sebagian besar diramaikan oleh pengguna dengan rentang usia muda yang rata-rata berusia di bawah 24 tahun yang berarti masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. 
Oleh karena itu, Rendy mulai merancang Pulsk di waktu senggangnya dibantu Irwan Fahmy di sisi produk dan strategi, Riswan Rais dan Ardian Trimurti di lini desain. November 2012 lalu, Pulsk mengikuti Sparxup, kompetisi startup yang diadakan sebuah situs berita dalam jaringan Indonesia dan berhasil menduduki juara di kategori internet/mobile portal. Pulsk yang saat itu masih berumur 2 minggu dapat masuk menjadi nominasi meski para pendirinya belum memikirkan bagaimana model bisnisnya.
Nama Pulsk sendiri pada awalnya adalah akronim dari frasa 'pulang sekolah'. Anak-anak sekolah telah jenuh dengan pelajaran serius yang diterima sepanjang jam pelajaran di kelas. Sehingga, waktu pulang sekolah adalah momen yang ditunggu-tunggu untuk mencari sesuatu yang menyenangkan.
Pulsk mencoba hadir menawarkan sesuatu yang berbeda. Diharapkan para pengguna bisa memperoleh sesuatu yang menyenangkan, menghibur, sekaligus menambah pengetahuan melalui Pulsk. Konsep user generated content yang diusung diharap mampu merangsang daya cipta pengguna untuk mengunggah konten berupa gambar, video atau artikel yang berkualitas dan bermanfaat.
Nama Pulsk juga dipilih dengan alasan co-founder ingin membuat nama domain yang terdiri dari lima huruf yang memberikan kesan secara perspektif penjualan. Pulsk dibuat untuk memfasilitasi hasrat masyarakat Indonesia dalam berbagi hal-hal baru kepada sebanyak mungkin orang dan memberikan hiburan pada saat yang sama.Para pembuat Pulsk menggabungkan konsep tata letak dari Facebook dan Youtube, yaitu penggunaan timeline seperti Facebook dan penggunaan menu bar sebelah kiri seperti Youtube. Kedua konsep tata letak tersebut diambil karena dianggap memenuhi estetika dan ramah pengguna.
Dalam waktu dua minggu sejak peluncuran versi beta di pertengahan September 2012, Pulsk telah mencapai 110.000 pengunjung dengan 850.000 pageviews dan 2.200 pengguna yang terdaftar dengan 2.250 artikel yang diterbitkan. Selain itu, setiap pengunjung rata-rata mengunjungi 7.91 halaman yang setiap kunjungannya memakan waktu delapan menit. Lebih daripada itu, 1.000 'Wow' telah disematkan.
Berdasarkan data yang ada, jejaring sosial Pulsk telah berhasil mendapatkan pengguna baru sebanyak 125.000 hingga bulan Februari 2013. Sedangkan statistik kunjungan Pulsk rata-rata 5 juta pengunjung setiap bulan dengan jumlah pageview sekitar 50 juta halaman. Berbagai jenis konten yang diunggah ke situs ini juga tidak main-main, karena rata-rata ada sekitar 3.000 konten setiap harinya. Jejaring sosial Pulsk dinilai sebagai salah satu startup yang cukup berhasil karena memiliki jumlah pengguna yang telah mencapai ratusan ribu dalam waktu singkat.

0 komentar:

Posting Komentar