Mumpung lagi libur admin mau posting-posting lagi nih, hehe
Kali ini admin kembali akan membahas sosial media lokal, yaitu Pulsk.com.. Let's goooo
Pulsk
merupakan situs web sosial untuk berbagi konten antar pengguna yang
dibuat oleh orang Indonesia. Konten yang dapat dibagi antara lain adalah
foto, video, dan artikel. Domain situs ini dapat diakses melalui alamat
pulsk.com dan mereka menitik beratkan pada kualitas konten dan
interaksi antar pengguna.
Pulsk
berbentuk majalah dinding virtual yang memungkinkan setiap pengguna
dapat menyematkan berbagai konten dan membagikannya kepada pengguna lain
serta mendapatkan respon, salah satunya dengan pemberian "WOW". Pulsk
memiliki tagline yaitu Share Something WOW
Sejarah dan Perkembangan Pulsk.com
Pulsk diluncurkan pada 16 September 2012 oleh pendirinya yang bernama Rendy Bryanzah. Startup
situs ini diawali dari riset yang menemukan fakta bahwa ternyata
situs-situs jejaring sosial sebagian besar diramaikan oleh pengguna
dengan rentang usia muda yang rata-rata berusia di bawah 24 tahun yang
berarti masih duduk di bangku sekolah atau kuliah.
Oleh karena itu, Rendy mulai merancang Pulsk di waktu senggangnya dibantu Irwan Fahmy di sisi produk dan strategi, Riswan Rais dan Ardian Trimurti di lini desain. November 2012 lalu, Pulsk mengikuti Sparxup, kompetisi startup
yang diadakan sebuah situs berita dalam jaringan Indonesia dan berhasil
menduduki juara di kategori internet/mobile portal. Pulsk yang saat itu
masih berumur 2 minggu dapat masuk menjadi nominasi meski para
pendirinya belum memikirkan bagaimana model bisnisnya.
Nama Pulsk
sendiri pada awalnya adalah akronim dari frasa 'pulang sekolah'.
Anak-anak sekolah telah jenuh dengan pelajaran serius yang diterima
sepanjang jam pelajaran di kelas. Sehingga, waktu pulang sekolah adalah
momen yang ditunggu-tunggu untuk mencari sesuatu yang menyenangkan.
Pulsk mencoba hadir menawarkan sesuatu yang berbeda. Diharapkan para
pengguna bisa memperoleh sesuatu yang menyenangkan, menghibur, sekaligus
menambah pengetahuan melalui Pulsk. Konsep user generated content
yang diusung diharap mampu merangsang daya cipta pengguna untuk
mengunggah konten berupa gambar, video atau artikel yang berkualitas dan
bermanfaat.
Nama Pulsk juga dipilih dengan alasan co-founder
ingin membuat nama domain yang terdiri dari lima huruf yang memberikan
kesan secara perspektif penjualan. Pulsk dibuat untuk memfasilitasi
hasrat masyarakat Indonesia dalam berbagi hal-hal baru kepada sebanyak
mungkin orang dan memberikan hiburan pada saat yang sama.Para pembuat
Pulsk menggabungkan konsep tata letak dari Facebook dan Youtube, yaitu
penggunaan timeline seperti Facebook dan penggunaan menu bar sebelah
kiri seperti Youtube. Kedua konsep tata letak tersebut diambil karena
dianggap memenuhi estetika dan ramah pengguna.
Dalam
waktu dua minggu sejak peluncuran versi beta di pertengahan September
2012, Pulsk telah mencapai 110.000 pengunjung dengan 850.000 pageviews
dan 2.200 pengguna yang terdaftar dengan 2.250 artikel yang
diterbitkan. Selain itu, setiap pengunjung rata-rata mengunjungi 7.91
halaman yang setiap kunjungannya memakan waktu delapan menit. Lebih
daripada itu, 1.000 'Wow' telah disematkan.
Berdasarkan
data yang ada, jejaring sosial Pulsk telah berhasil mendapatkan
pengguna baru sebanyak 125.000 hingga bulan Februari 2013. Sedangkan
statistik kunjungan Pulsk rata-rata 5 juta pengunjung setiap bulan
dengan jumlah pageview sekitar 50 juta halaman. Berbagai jenis
konten yang diunggah ke situs ini juga tidak main-main, karena rata-rata
ada sekitar 3.000 konten setiap harinya. Jejaring sosial Pulsk dinilai
sebagai salah satu startup yang cukup berhasil karena memiliki jumlah pengguna yang telah mencapai ratusan ribu dalam waktu singkat.
0 komentar:
Posting Komentar