So, Let's check it out..
Memanfaatkan media sosial
seperti Facebook untuk mengembangkan sebuah bisnis memang bukanlah
suatu hal yang mudah, namun bukan berarti hal tersebut suatu yang tidak
mungkin. Jejaring sosial Facebook menawarkan berbagai keuntungan yang
dapat kita manfaatkan sebagai basic fundamental bisnis. Mulai dari
menggunakan Facebook Ads yang relatif simple, hingga menggunakan
cara-cara costumisasi manual sesuai yang kita butuhkan.
Jika Anda sedang mencari gambaran umum tentang bagaimana cara menggunakan Facebook
untuk membantu pengembangan bisnis Anda, beberapa langkah ini akan
membuat Anda lebih siap untuk sukses. Dengan mengetahui hal mendasar
dalam cara menggunakan Facebook untuk bisnis, maka kita dapat
memfokuskan aktivitas di Facebook untuk memenuhi tujuan bisnis yang
lebih spesifik.
Membuat sebuah halaman / Facebook Page
untuk bisnis adalah sebuah perwujudan dari ide bisnis Anda. Dengan
membangun sebuah page di Facebook, itu artinya kita telah membangun
sebuah kantor cabang atau divisi khusus yang menangani masalah
marketing. Oleh karena itu, ketika kita membuat sebuah page di Facebook,
sebaiknya kita membuat alamat/url yang unik untuk halaman tersebut
sesuai dengan nama bisnis, misalnya Facebook.com/nama perusahaan.
Pada beberapa kasus, nama di belakang
nama domain Facebook sering tidak bisa sesuai dengan yang diinginkan
karena sudah ada pengguna lain yang menggunakan nama yang sama.
Sebenarnya ini bisa diatasi dengan sedikit modifikasi atau menambah
karakter pada nama tersebut sehingga tetap sesuai dengan bisnis Anda.
Ini sangat penting karena nama tersebut akan mengintegrasiakan bisnis
kita pada mesin pencari lain seperti Google dan Yahoo.
2. Mengenali Target Pelanggan
Mengenali target pelanggan adalah
mengenali siapa Anda dan siapa yang ingin Anda undang untuk menjadi
customer. Dengan Facebook kita tidak hanya dapat menjangkau lebih banyak
orang namun juga dapat menjangkau orang-orang yang lebih spesifik dan
memiliki minat yang sesuai dengan niche bisnis Anda untuk menjadi
pelanggan.
Untuk membangun list pelanggan yang
setia serta mendorong pelanggan tersebut agar mau menjadi pendukung
halaman Facebook bisnis Anda, maka Anda harus sering-sering memposting
konten yang menarik dan bermanfaat sehingga postingan Anda tetap berada
di timeline. Biarkan orang-orang di sekitar Anda (teman dekat, dan
keluarga) tahu tentang halaman Facebook bisnis Anda sehingga mereka juga
bisa memberikan dukungan pada Anda, misalnya dengan memberikan likes
pada konten Anda di Facebook.
Pelanggan awal yang berasal dari teman
dekat dan keluarga inilah yang akan membantu Anda membangun kredibilitas
dan menyebarkan berita langsung tentang halaman Anda. Yang perlu
diingat, ini bukanlah sekedar jumlah fans halaman Facebook, namun yang
lebih penting adalah bisnis Anda terhubung dengan pengguna Facebook yang
aktif dan punya minat pada bisnis Anda. Jika kita melakukannya dengan
benar, fans ini akan membantu menceritakan bisnis kita kepada orang lain
dengan sukarela.
3. Fokus Membangun Konten yang Menarik
Membuat konten yang menarik, akan
membuat halaman bisnis Anda menjadi lebih hidup di Facebook. Anda dapat
mengupdate postingan, foto dan lainnya. Selain itu, berilah
selingan-selingan kecil berisi humor atau tips untuk memberikan sedikit
nuansa yang berbeda pada pelanggan Anda.
Teruslah memposting konten yang berisi
tentang hal-hal yang bermanfaat bagi pelanggan Anda, hal-hal yang
menarik dan inspiratif bagi mereka. Anda juga dapat mengisi halaman
Facebook Page bisnis Anda dengan penjelasan bagaimana cara pelanggan
mengirimkan masukan, kritik, dan juga pengalaman mereka selama
menggunakan produk Anda. Kita bisa melakukan berbagai upaya dengan
membuat berbagai postingan ke Facebook Page. Lalu menggunakan tools Page
Insights Halaman untuk melihat postingan seperti apa yang paling
menarik bagi pelanggan.
Secara garis besar ada beberapa point penting dalam membangun konten di media sosial :
- Otentik: usahakan apa yang Anda posting adalah murni dari pemikiran Anda.
- Responsif: ketika orang mengomentari postingan Anda, cobalah tunjukan bahwa Anda mendengarkan dan peduli keberadaan mereka dengan cara membalas komentar mereka dengan baik.
- Konsisten: semakin sering Anda memposting maka semakin banyak kesempatan Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
- Schedule: mengatur jadwal postingan Anda akan membuat waktu tim media sosial Anda menjadi lebih efisien.
- Repeat: perhatikan postingan yang mendapatkan banyak respon dan tanggapan dari para pelanggan. Ulangi memposting konten-konten yang banyak menarik perhatian pelanggan.
0 komentar:
Posting Komentar