Dalam e-business Ada
empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan Internet untuk tujuan e-business,
di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business. Empat tahapan
itu adalah sebagai berikut :
Tahap pertama : Mendayagunakan komputer
Komputer menawarkan berbagai keuntungan bagi sebuah bisnis yaitu banyak dana dan waktu yang dapat dihemat, dan meningkatkan produktivitas. Kita dapat menyusun laporan keuangan, membuat daftar persediaan bahkan membuat materi perusahaan.
Komputer menawarkan berbagai keuntungan bagi sebuah bisnis yaitu banyak dana dan waktu yang dapat dihemat, dan meningkatkan produktivitas. Kita dapat menyusun laporan keuangan, membuat daftar persediaan bahkan membuat materi perusahaan.
Tahap kedua : Mendayagunakan jaringan dan internet
Apa
yang ditawarkan jaringan komputer dan internet bagi sebuah bisnis? Meningkatkan
kemampuan koordinat dan komunikasi, baik itu internal maupun eksternal, yang
pada akhirnya dapat diterapkan untuk meningkatkan produktivitas. Untuk
kepentingan tersebut kita dapat memanfaatkan e-mail, IRC maupun mailing list.
Tahap ketiga: Membangun dan mendayagunakan web
Web menawarkan informasi selama 24 jam. 7 hari
dalam seminggu. Anda dapat berbagi informasi dengan pelanggan sekaligus
menjaring pelanggan baru.
Tahap keempat: E-commerce
Pada tahap ini, perusahaan telah mempersiapkan
dan membangun fasilitas transaksi online baik dengan pelanggan maupun dengan
para supplier atau dengan pihak lain yang berkepentingan dengan web.
Adapun juga sasaran
dari e-business adalah pasar secara elektronis atau sering disebut market.
Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis
terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam Internet, termasuk penggunanya. E
- business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat
diperebutkan oleh para pebisnis.
Namun,
untuk melakukan bisnis melalui Intenet ini harus benar-benar memperhatikan
tentang produk-produk dan jasa apa yang akan dipasarkan, mengingat orang-orang
yang terkait dengan e - business ini berasal dari berbagai tempat, pulau,
negara bahkan belahan dunia yang sangat heterogen baik itu dalam hal kebutuhan,
minat maupun budayanya. Hanya produk-produk yang secara global menjadi
kebutuhan masyarakat dan memiliki standar kualitaslah yang dapat dipasarkan
melalui internet. Produk-produk
ini antara lain:
- Produk yang berupa informasi, misalnya koran, majalah, jurnal, dan lain- lain.
- Produk hiburan, misalnya film, poster, kalender, dan lain-lain.
- Produk simbol, misalnya tiket pesawat, tiket kereta, reservasi hotel, dan lain-lain.
- Produk jasa misalnya pendidikan, telemedicine, konsultasi jarak jauh dan lain-lain.
- Produk barang misalnya buku, bunga, komputer, dan lain-lain.
- Produk keuangan, misalnya tabungan, transaksi kliring, asuransi, dan lain-lain.
Bisnis
tradisional yang bergeser ke e-business akan berhasil dengan baik. jika
terbentuk komunitas dan salah satu dasar untuk membentuk komunitas adalah
kepercayaan. Amerika Serikat berhasil mempelopori e-business ini karena
memiliki high trust society yang masyarakatnya telah lama memiliki kebiasaan
berbelanja melalui katalog dan pesanan via pos. Selain itu juga didukung oleh
undang-undang yang menjamin perdagangan yang fair dan keamanan setiap
pembayaran serta setiap barang yang dibeli apabila cacat atau rusak akan dapat
dikembalikan.
0 komentar:
Posting Komentar